Baca Bismillah dulu ya

Baca Bismillah dulu ya

this for someone that i love most

Sunday 20 April 2008

Keajaiban Kesabaran Orang Beriman


Orang Beriman memang ‘ajaib’ Ketika mendapat kesenangan ia bersyukur dan itu baik baginya. Kalau mendapat ujian dan musibah dia bersabar dan itupun baik baginya.

Setiap Mukmin digambarkan oleh Rasullulah SAW, sebagai orang yang memiliki pesona, yang digambarkan dengan istilah ‘ajaiban’. Pesona berpangkal dari adanya Positive thinking seorang mukmin. Ketika mendapatkan kebaikan, ia refleksikan dalam bentuk syukur terhadap Allah SWT. Karena ia paham, hal tersebut merupakan anugrah Allah. Dan tidaklah Allah memberikan sesuatu kepadanya melainkan pasti sesuatu tersebut adalah positif baginya. Sebaliknya, jika ia mendapatkan suatu musiban, ia bersabar. Karena ia yakin, hal tersebut merupakan pemberian sekaligus cobaan bagi dirinya yang ada rahasia kebaikan didalamnya. Sehingga refleksinya adalah dengan bersabar dan mengembalikan semuanya kepada Allah SWT.

URGENSI KESABARAN

Kesabaran merupakan salah satu ciri mendasar orang yang bertaqwa. Bahkan sebagian ulama mengatakan bahwa kesabaran setengah keimanan. Sabar memiliki kaitan erat dengan keimanan, seperti kepala dengan jasadnya. Tidak ada keimanan yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana tidak ada jasad yang tidak memiliki kepala. Oleh karena itu Rasullulah SAW. Menggambarkan ciri dan keutamaan orang beriman sebagaimana hadits diatas.

MAKNA SABAR

Sabar merupakan istilah dari bahasa Arab dan sudah menjadi istilah bahasa Indonesia. Asal katanya adalah ‘shabara’, yang membentuk infinitif (masdar) menjadi ‘shabran’. Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah. Menguatkan makna seperti ini adalah firman Allah dalam Al-Quran “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan Nya dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena)mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini: dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah kami lalaikan dari mengingati kami serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas”(Al-Kahfi:28)
Perintah bersabar pada ayat diatas adalah untuk menahan diri dari keinginan ‘keluar’ dari komunitas orang-orang yang menyeru Tuhannya serta selalu mengharap keridhaannya. Perintah sabar diatas sekaligus juga sebagai pencegahan dari keinginan manusia yang ingin bersama dengan oran-orang yang lalai dari mengingat Allah SWT.
Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

SABAR DALAM AL QURAN
Dalam Al Quran banyak ayat yang berbicara mengenai kesabaran. Jika ditelusuri, terdapat 103 kali disebut dalam Al Quran, baik berbentuk isim maupun fi’ilnya. Hal ini menunjukkan betapa kesabaran menjadi perhatian Allah SWT.
  • Sabar merupakan perintah Allah SWT “Hai orang-orang yang beriman, memintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-oranng yang sabar” (Al Baqarah :153) Ayat-ayat yang serupa Ali Imran :200, An-Nahl:127, Al-Anfal : 46, Yunus:109, Hud :115.
    Larangan isti’jal (tergesa-gesa) “maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka..(Al Ahqaf:35)
  • Pujian Allah bagi orang-orang yang sabar “…dan orang-orang yang bersabar dalam kesulitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar imannya dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”(Al-Baqarah:157)
  • Allah akan mencintai orang-orang yang sabar “ Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar”(Ali Imran : 146)
  • Kebersamaan Allah dengan orang- orang yang sabar. Artinya Allah senantiasa akan menyertai hamba-hambanya yang sabar “ Dan bersabarlah kamu, karena sesungguhnya Allah itu beserta orang-orang yang sabar” (Al Anfal:46)
  • Mendapatkan pahala surga dari Allah (Ar Ra’d :23-24)
    Dikutip dari majalah Alia

No comments:

tHe SmiLe oF PrUPlAnnErs GirLs

tHe SmiLe oF PrUPlAnnErs GirLs

The Power Of C Family

The Power Of C Family
English Literature...Pakuan University