Baca Bismillah dulu ya

Baca Bismillah dulu ya

this for someone that i love most

Sunday 20 April 2008

SABAR ALA RASULULLAH


Sebagaimana dalam Al-Quran, dalam hadits banyak sekali Rasulullah menggambarkan kesabaran. Dalam kitab Riyadhus Shalihin. Imam Nawawi mencantumkan 29 hadits yang bertemakan sabar. Secara garis besar :

  • Kesabaran merupakan ‘dhiya’(cahaya yang amat terang) karena dengan kesabaran inilah, sesorang akan mampu menyingkap kegelapan. Rasulullah mengungkapkan, ‘…dan kesabaran merupakan cahaya yang terang…’(HR. Muslim)
  • Kesabaran merupakan sesuatu yang perlu diusahakan dan di latih secara optimal. Rasulullah pernah menggambarkan:’…barang siapa yang mensabar-sabarkan diri (berusaha untuk sabar). Maka Allah akan menjadikannya seorang yang sabar…(HR. Bukhari)

  • Kesabaran merupakan anugerah Allah yang paling baik. Rasulullah mengatakan ‘…dan tidaklah seseorang itu diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih lapang daripada kesabaran’ (Muttafaqun Alaih)
    Kesabaran merupakan salah satu sifat sekaligus ciri orang mukmin, sebagaimana hadis yang terdapat pada muqadimah ‘Sungguh menakjubkan perkara orang yang beriman, karena segala perkaranya adalah baik. Jika ia mendapat kenikmatan, ia bersyukur karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut adalah memang baik baginya. Dan jika ia tertimpa musibah atau kesulitan, ia bersabar karena (ia mengetahui ) bahwa hal tersebut adalah baik baginya’ (HR. Muslim)

  • Sesorang yang bersabar akan mendapatkan pahala surga. Dalam sebuah hadits di gambarkan; dari Aas bin Malik ra berkata, bahwa aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. Bersabda , ‘sesungguhnya Allah berfirman, apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya’ (HR. Bukhari)

  • Sabar merupakan sifat para Nabi. Ibnu Mas’ud dalam sebuah riwayat mengatakan. Dari Abdullah bin Mas’ud berkata’ seakan-akan aku memandang Rasulullah shallallahu alaihi wassalam, menceritakan salah seorang Nabi, yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah, kemudian ia mengusap darah dari wajahnya seraya berkata ‘ Ya Allah ampunilah dosa kaumku, karena sesungguhnya mereka tidak mengetahui’ (HR. Bukhari)

  • Kesabaran merupakan ciri yang kuat. Rasulullah pernah menggambarkan dalam sebuah hadits; dari Abu Hurairah ra berkata, bahwa Rasulullah bersabda ‘orang yang kuat bukanlah yang pandai bergulat, namun orang yang kuat adalah orang yang memiliki jiwanya ketika marah’(HR. Bukhari)

  • Kesabaran dapat menhapuskan dosa. Rasululah menggambarkan dalam sebuah haditsnya; dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wassalam bersabda ‘Tidaklah seorang muslim mendapatkan kelelahan, sakit, kecemasan, kesedihan, mara bahaya dan juga kesusahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan dosa-dosanya dengan hal tersebut’ (HR Bukhari dan Muslim)

  • Kesabaran merupakan suatu keharusan, dimana seseorang tidak boleh putus asa hingga ia menginginkan kemaatian. Sekiranya memang sudah sangat terpaksa hendaklah ia berdoa kepada Allah agar Allah memberikan hal yang terbaik baginya; apakah kehidupan atau kematian. Rasulullah shallallahu alaihi wassalam mengatakan ; Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. Bersabda ‘janganlah salah seorang diantara kalian mengangan-angankan datangnya kematian karena musibah yang menimpanya. Dan sekiranya ia memang harus mengharapkannya, hendaklah ia berdoa ‘Ya Allah, teruskanlah hidupku ini sekiranya hidup itu lebih baik untukku . Dan wafatkanlah aku, sekiranya itu lebih baik bagiku.’ (HR. Bukhari Muslim)

No comments:

tHe SmiLe oF PrUPlAnnErs GirLs

tHe SmiLe oF PrUPlAnnErs GirLs

The Power Of C Family

The Power Of C Family
English Literature...Pakuan University